Home / Berita / KIP Aceh / Tiga Wilayah di Aceh Gelar Pemungutan Suara Pilkada 2018
Proses pemungutan suara di Kota Subulussalam | Foto: Turmizi

Tiga Wilayah di Aceh Gelar Pemungutan Suara Pilkada 2018

Banda Aceh | KIP Aceh – Gelar Pilkada 2018 hanya dilakukan pada tiga wilayah di Provinsi Aceh. Hari ini, Rabu 27 April 2018, wilayah tersebut melakukan pencoblosan surat suara untuk memilih bupati/wali kota. Tiga daerah tersebut Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Selatan dan Kota Subulussalam.

Sesuai data Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, jumlah pemilih di Pidie Jaya adalah 107.070 orang, dengan 270 TPS. Di sana terdapat delapan kecamatan dengan 222 gampong. Warga Pidie Jaya memilih empat pasangan calon bupati/wakil bupati yang maju dalam pemilihan.

Di Aceh Selatan, jumlah pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Sementara (DPS) adalah 150.908 orang, dengan 391 TPS. Ada sebanyak 18 kecamatan dengan 260 gampong di sana. Para pemilih akan memberikan suaranya kepada tujuh  calon bupati/wakil bupati di Pilkada 2018.

Sementara di Kota Subulussalam, jumlah pemilih terdaftar adalah 49.748 orang, dangan 170 TPS. Di sana terdapat lima kecamatan dengan 82 gampong. Warga Subulussalam memberikan suara kepada lima calon wali kota/wakil wali kota yang maju dalam pemilihan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Keuangan, Umum, dan Logistik KIP Aceh, Nur Azizah mengatakan logistik telah didistribusikan satu hari sebelum pemilihan. Informasi yang diterima Media Center KIP Aceh, sejauh ini tidak ada kendala dalam pemungutan suara, semuanya berjalan lancar.

Sebagian besar wilayah kabupaten/kota di Aceh atau 20 daerah, plus tingkat provinsi telah melaksanakan Pilkada pada tahun 2017 lalu. [AW]