Home / Berita / KIP Aceh / KIP Aceh Gelar Bimtek Penyusunan DPS Pemilu 2019
Foto: AW

KIP Aceh Gelar Bimtek Penyusunan DPS Pemilu 2019

Banda Aceh | KIP Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu tahun 2019, Kamis 7 Juni 2018. Acara berlangsung di Oasis Hotel, Banda Aceh.

Bimbingan teknis diikuti oleh admin dan operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dari 23 KIP Kab/Kota se-Aceh. Bimtek dibuka Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra, didampingi Sekretaris KIP Aceh, Darmansyah.

Dalam sambutannya, Ilham mengatakan bahwa pihaknya mendukung dan mengapresiasi kinerja KIP Aceh dan KIP Kab/Kota dalam melaksanakan tahapan Pemilu 2019. “Teman-teman, bekerjalah secara maksimal terlepas dari permasalahan yang ada. Jangan terpengaruh dengan situasi politik,” katanya.

Ilham berharap kepada KIP Kab/Kota terutama KIP Kab/Kota yang akan melaksanakan Pilkada agar dapat mengisi data pemilih yang valid. Menuju ke DPT, biasanya selalu menjadi kendala dari waktu ke waktu. Misalnya pada 2009 lalu, data DPS yang disampaikan pertama kali oleh pemerintah setelah dicek ditemukan adanya kejangggalan, seperti terdapat satu kecamatan, pemilihnya perempuan semua. Sehingga dilakukan pencocokan kembali. “Saya minta masukkan data yang valid, hapus yang tidak valid,” jelas Ilham.

Tahun 2014 diakuinya data pemilih sudah lumayan bagus. Selanjutnya juga muncul kontroversi data terkait adanya pemilih yang belum memiliki e-KTP. “Ini memicu Depdagri bekerja lebih keras, akhir 2018 diharapkan semua pemilih punya e-KTP.”

Ilham menegaskan dalam masa peralihan tugas dan wewenang KIP Aceh kepada KPU RI, pihaknya juga akan melakukan supervisi terhadap verifikasi faktual dari hasil penentuan sampel pemilih Calon DPD asal Aceh. Setelah membuka acara, dia selanjutnya melakukan kunjungan ke Pidie dan Pidie Jaya.

Bimbingan Teknis penyusunan DPS dibimbing oleh staf Bagian Data dan Informasi KPU RI, Choirul Anwar dan Lidya. Mereka membimbing langsung admin dan operator Sidalih dalam pengisian DPS. Tiga kabupaten/kota yang akan melaksankan Pilkada 2018: Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Selatan dan Kota Subulussalam mendapat perhatian serius.  [AW|Hilda]