Home / Berita / Target Konreg 2018, Sasar Pemilih Milenial Hingga Penguatan Siparmas

Target Konreg 2018, Sasar Pemilih Milenial Hingga Penguatan Siparmas

Pekanbaru, kpu.go.id – Konsolidasi Regional (Konreg) Peningkatan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilu 2019 (wilayah I) di Pekanbaru, Riau 2-4 September 2018, menyimpan sejumlah agenda yang harus dimatangkan oleh para peserta.
Kegiatan yang mengundang 12 perwakilan KPU provinsi dan kabupaten/kota ini, pertama diharapkan dapat menyukseskan target partisipasi pemlih yang telah dicanangkan sebesar 77,5 persen. Kedua sosialisasi metode kampanye bagi jajaran penyelenggara, mengingat mulai 23 September akan datang, kegiatan kampanye presiden dan wakil presiden serta DPD, DPR dan DPRD provinsi, kab/kota akan dimulai. “Salah satu tanggungjawab KPU di UU 7/2017 adalah memfasilitasi metode kampanye sesuai dengan kemampuan jajaran. Kita perlu memberikan pemahaman fasilitasi apa saja yang disampaikan KPU kepada peserta pemilu,” jelas Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU, Nur Syarifah (Inung) di Pekanbaru Minggu (2/9/2018).
 
Tujuan lain dari kegiatan yang direncanakan digelar tiga gelombang ini menurut Inung adalah menyukseskan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada 11 basis pemilih yang telah ditentukan didalam Peraturan KPU (PKPU). Dimana satu dari 11 basis pemilih tersebut tergolong baru, yaitu warga internet yang mayoritas adalah generasi milenial. ”Ini tantangan kita bersama bagaimana menyasar basis pemilih dari warga internet,” lanjut Inung.
 
Target lain dari kegiatan Konreg ini menurut dia adalah untuk menguatkan kembali Sistem Partisipasi Masyarakat (Siparmas) yang keberadaannya memudahkan peserta pemilu maupun masyarakat luas untuk memantau proses kegiatan kampanye yang ada disetiap daerah. “Salah satu tugas KPU memberikan informasi yang akurat dan informasi tentang kampanye disetiap satker ini dapat diunggah disistem tersebut,” kata Inung. (hupmas kpu dianR/foto: dianR-Qk/ed diR)
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com