Home / Berita / Supervisi dan Monitoring KIP Aceh ke KIP Kabupaten Aceh Jaya terkait Kesiapan menghadapi Tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024

Supervisi dan Monitoring KIP Aceh ke KIP Kabupaten Aceh Jaya terkait Kesiapan menghadapi Tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024

Calang – Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Muhammad dan Ranisah, serta Sekretaris KIP Aceh, Muchtaruddin melaksanakan kunjungan kerja ke KIP Kabupaten Aceh Jaya dalam rangka supervisi, monitoring dan Koordinasi terkait Persiapan Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana KIP Kab. Aceh Jaya dalam menghadapi Tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, pada hari selasa (7/12/2021).

Rombongan KIP Aceh di sambut langsung oleh Ketua dan Anggota KIP Kab. Aceh Jaya, Sekretaris KIP Kab. Aceh Jaya beserta Jajarannya, di Aula KIP Kab. Aceh Jaya.

Dalam kunjungan ini, Anggota KIP Aceh dan Sekretaris KIP Aceh memberikan arahan dan bimbingan terkait penguatan dan peningkatan kompetensi SDM yang harus dimiliki oleh jajaran Sekretariat KIP Kab. Aceh Jaya.

Sekretaris KIP Aceh, Muchtaruddin mengatakan bahwa tidak ada lagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menunggu perintah atasan, karena setiap PNS memiliki tugas dan fungsi yang jelas sehingga setiap PNS sudah mengetahui apa yg harus dikerjakan.

Penguatan SDM di tingkat kab/kota sangatlah penting, terlebih akan melaksanakan pemilu 2024 yang notabene merupakan pemilu terbesar di dunia. Penguatan SDM tersebut dapat ditempuh antara lain melalui: 

(i). Penguatan SDM dengan ketepatan jumlah;

(ii). Penempatan SDM sesuai dengan Analisis Jabatan(Anjab)  dan Analisis Beban Kerja (ABK);

(iii). Peningkatan Kapasitas SDM meliputi kapasitas pengetahuan menyeluruh tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dan kapasitas perilaku sebagai seorang PNS seperti disiplin, kejujuran, melayani, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab;

(iv). Penghargaan dan sanksi terhadap kinerja seorang PNS.

“Selain itu, peningkatan Sarana dan Prasarana juga sangat penting untuk mendukung kinerja dan pelayanan” ujar Muchtaruddin.

Selanjutnya, Anggota KIP Aceh, Muhammad selaku Divisi SDM dan Litbang juga menyampaikan bahwa dalam pengalaman beliau di bidang kepemiluan sejak tahun 2004 hingga sekarang, Profesionalisme sangatlah penting.

“Dalam menghadapi pemilu, belum tentu perspektif peserta pemilu sama dengan peserta pemilu dalam memahami regulasi-regulasi yang ada. Sebagai penyelenggara harus memahami setiap detil dari pelaksanaan pemilu” ujar Muhammad.

Kegiatan monitoring dan supervisi ini berjalan dengan tertib dan lancar serta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.(HumasKIPAceh)

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com