Home / Berita / Sidalih 4.0 untuk Kerja Transparan
Foto: KPU RI

Sidalih 4.0 untuk Kerja Transparan

Kemajuan teknologi informasi dimanfaatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dibidang pendataan pemilih.

Dan melalui Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) versi 4.0, pengelolaan data pemilih diharapkan menjadi semakin akurat. Selain itu dengan sistem yang terkoneksi memudahkan masyarakat dalam mengakses dan mengawasi kerja penyelenggara.

“Kita gunakan Sidalih 4.0 untuk bantu kerja transparan, kemudian Sidalih yang lebih akurat, lebih mutakhir,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sidalih 4.0 Gelombang II di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Arief berharap melalui bimtek yang diikuti 224 peserta (anggota KPU provinsi, kabupaten/kota dan operator) ini, bisa meningkatkan pemahaman jajaran penyelenggara. “Teman-teman yang dilatih di sini kalau pulang ada orang tanya jangan sampai enggak bisa jawab. Sedikit saja anda enggak bisa jawab kepercayaan orang akan runtuh. Mudah-mudahan semangat kita ikuti bimtek ini bisa terus terjaga,” ucap Arief.

Di kesempatan sebelumnya Kepala Biro Perencanaan dan Data, Sumariyandono kembali menjelaskan rutinitas peserta selama bimtek berlangsung. Dimana usai mengikuti sesi pembuka untuk anggota KPU provinsi dan kabupaten/kota akan mendapatkan pengarahan serta materi yang disampaikan anggota KPU RI sementara dikelas lain disampaikan oleh tim Sidalih untuk kelas operator.

Selain itu untuk memperkaya pengetahuan hadir juga pemateri yang berasal dari eksternal seperti Bawaslu dan Kemendagri. “Kita harapkan bapak/ibu bisa manjadi champion, bisa menjadi orang yang paham betul tentang Sidalih 4.0,” pungkas Sumariyandono. [KPU RI]

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com