Thursday , June 29 2017
Home / KIP Aceh / Sambutan Ketua KIP Aceh saat Deklarasi Pilkada Damai
Ketua KIP Aceh memberikat sambutan pada deklarasi Pilkada berintegritas dan damai. [Foto: AW]
Ketua KIP Aceh memberikat sambutan pada deklarasi Pilkada berintegritas dan damai. [Foto: AW]

Sambutan Ketua KIP Aceh saat Deklarasi Pilkada Damai

Banda Aceh – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Ridwan Hadi memberikan sambutan saat berlangsungnya deklarasi Pilkada Berintegritas dan Damai Gubenur/Wakil Gubernur Aceh 2017, di aula Polda Aceh, Kamis 10 November 2016. Berikut sambutan lengkapnya;

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hamdan Wa syukran lillah, Shalatan Wasalaman ’ala Rasulillah, Wa’ala Alihi Washahbihi Wamawwalah.

YTH. PLT. GUBERNUR ACEH

YTH. WALI NANGGROE

YTH. KETUA DPR ACEH

YTH. PANGDAM ISKANDAR MUDA

YTH. KAPOLDA ACEH

YTH. KAJATI ACEH

YTH. SAUDARA-SAUDARA UNSUR FORKOPIMDA ACEH

YTH. PARA PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR ACEH

YTH. PARA PIMPINAN PARTAI POLITIK NASIONAL DAN LOKAL DI ACEH

YTH. KETUA PANWASLIH ACEH DAN ANGGOTA

YTH.WAKIL KETUA DAN KOMISIONER KIP ACEH

YTH.PARA KETUA OKP, LSM, PARA WARTAWAN, HADIRI DAN HADIRAT YANG KAMI MULIAKAN.

 

PARA HADIRIN SEKALIAN

PERTAMA-TAMA MERILAH KITA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH SWT YANG MANA TELAH MELIMPAHKAN RAHMAT DAN KARUNIANYA KEPADA KITA SEMUA, SEHINGGA DAPAT MENGHADIRI DEKLARASI PEMILIHAN KEPALA DAERAH BERINTEGRITAS DAN DAMAI GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR ACEH PERIODE 2017-2022.

SALAWAT DAN SALAM KITA SAMPAIKAN KEPADA JUNJUNGAN ALAM NABI BESAR MUHAMMAD SAW, SAHABAT BESERTA KELUARGA BELIAU YANG TELAH MEWARISINILAI-NILAI MORAL KEPADA MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERAKHLAQ QARIMAH SERTA AJARAN KEPEMIMPINAN DAN DINUL ISLAM.

 

PARA HADIRIN SEKALIAN

MENGAWALI ACARA INI, KAMI INGIN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA BAPAK KAPOLDA ACEH DAN JAJARANNYA YANG TELAH BERKENAN MEMFASILITASI ACARA INI BERLANGSUNG DI GEDUNG PERTEMUAN POLDA ACEH.

PADA HARI INI, MERUPAKAN HARI BERSEJARAH BAGI KITA SEMUA DAPAT MENGHADIRI PELAKSANAAN DEKLARASI PILKADA BERINTEGRITAS DAN DAMAI MERUPAKAN SALAH SATU MOMENTUM YANG PENTING DALAM RANGKAIAN PROSES TAHAPAN PEMILUKADA SERENTAK DI PROVINSI ACEH.

SEBELUM MASA KAMPANYE PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR ACEH BERLANGSUNG SANGATLAH TEPAT BAGI KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN SEBAGAI PENYELENGGARA PEMILUKADA MEMPASILITASI ADANYA DEKLARASI PEMILIHAN KEPALA DAERAH BERINTEGRITAS DAN DAMAI. DIMANA PERTEMUAN SAAT INI BUKAN SEMATA INISIATIF DARI PENYELENGGARA SAJA AKAN TETAPI JUGA MERUPAKAN HASIL KESEPAKATAN DAN KOORDINASI DENGAN FORKOPIMDA DAN SELURUH PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR ACEH PERIODE 2017–2022. PERTEMUAN INI TENTUNYA JUGA MEMBUKTIKAN ADANYA KESATUAN SEMANGAT UNTUK SECARA BERSAMA MEWUJUDKAN PELAKSANAAN PEMILUKADA YANG DAMAI, LANGSUNG, UMUM, BEBAS DAN RAHASIA, JUJUR DAN ADIL.

KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN SEBAGAI PENYELENGGARA, PANWASLIH YANG MELAKUKAN TUGAS PENGAWASAN, PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SEBAGAI PESERTA PEMILUKADA, PEMERINTAH SELAKU FASILITATOR, KEPOLISIAN YANG DIDUKUNG OLEH TNI SEBAGAI YANG BERTUGAS MENGAMANKAN JALANNYA PILKADA, DAN TOKOH MASYARAKAT, PEMUDA DAN MAHASISWA YANG HADIR PADA KESEMPATAN INI. TENTULAH MENGINGINKAN DAN MENGHENDAKI JALANNYA KAMPANYE PILKADA BERLANGSUNG SECARA AMAN DAN DAMAI. OLEH KARENA ITU KESEMPATAN YANG BERHARGA INI AKAN DIGUNAKAN OLEH SELURUH PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR ACEH UNTUK MENDEKLARASIKAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH BERINTEGRITAS DAN DAMAI. SEMANGAT DALAM MEWUJUDKAN KAMPANYE PEMILUKADA DAMAI, AMAN DAN TERTIB YANG DITUANGKAN DALAM NASKAH IKRAR BERSAMA.

SIKAP BERSAMA YANG TERTUANG DALAM NASKAH IKRAR BERINTEGRITAS DAN DAMAI MENGANDUNG MAKNA BUKAN SEKADAR FORMALITAS DAN SEREMONIAL BELAKA, AKAN TETAPI JAUH LEBIH MEMILIKI MAKNA UNTUK MEMPERTEGAS SIKAP PESERTA PILKADA GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR ACEH.

SIKAP ITU MEMUAT KOMITMEN DAN KONSISTENSI SELURUH PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR AKAN KEHARUSAN UNTUK TURUT MENCIPTAKAN IKLIM YANG KONDUSIF BAGI KESELURUHAN PROSES PILKADA. PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR YANG TELAH DITETAPKAN MENJADI PESERTA PILKADA OLEH KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN PADA SAAT INI MENJADI TOKOH SENTRAL DI ACEH. PERHATIAN RAKYAT ACEH PEMILIH TAHUN INI ± 3.476.424 ORANG AKAN TERTUJU KEPADA 6 PASANGAN CALON INI, UNTUK SELANJUTNYA RAKYAT AKAN MEMBERIKAN SEGENAP PENILAIAN, PERTIMBANGAN SAMPAI KEPADA MENJATUHKAN SIKAP UNTUK MEMILIH ATAU TIDAK MEMILIH.

JELASLAH DENGAN DEMIKIAN PRILAKU UCAPAN DAN TINDAKAN SEMUA PASANGAN CALON AKAN MENJADI TOLAK UKUR RAKYAT ACEH UNTUK MENENTUKAN SIKAP POLITIKNYA. DEKLARASI PADA HARI INI MERUPAKAN BAGIAN DALAM KERANGKA MEMBANGUN TATANAN NILAI, NORMA DAN ETIKA DALAM PROSES PELAKSANAAN KEHIDUPAN BERDEMOKRASI YANG SEMUANYA MENGIKAT UNTUK DIWUJUDKAN DALAM PERHELATAN PILKADA ACEH INI.

PENYELENGGARAAN KAMPANYE YANG MERUPAKAN BAGIAN DARI TAHAPAN PEMILUKADA DI ATUR DALAM PKPU NOMOR 12 TAHUN 2016 PERUBAHAN ATAS PKPU NOMOR 7 TAHUN 2015 TENTANG KAMPANYE PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKUL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI DAN/ATAU WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BAHWA KAMPANYE DILAKSANAKAN SELAMA 3 BULAN DAN BERAKHIR 3 HARI SEBELUM PEMUNGUTAN DAN PERHITUNGAN  SUARA. OLEH KARNANYA MASA KAMPANYE TERSEBUT TELAH DI TETAPKAN WAKTUNYA OLEH KIP PROPINSI ACEH YAITU DIMULAI SEJAK TANGGAL 28 OKTOBER S/D 3 HARI MENJELANG PEMUNGUTAN SUARA.

PENGATURAN WAKTU DAN TEMPAT UNTUK BERKAMPANYE SECARA UMUM TELAH DIBAGI SECARA PROPORSIONAL, SETARA DAN SEIMBANG OLEH KIP ACEH. BENTUK DAN JENIS KEGIATAN KAMPANYEPUN DISUGUHKAN KEPADA PESERTA PEMILUKADA SEBAGAIMANA YANG DI ATUR DALAM PKPU NOMOR 12 TAHUN 2016 PERUBAHAN ATAS PKPU NOMOR 7 TAHUN 2015. SELAIN RAPAT UMUM YANG CENDERUNG MELIBATKAN MASA DALAM JUMLAH YANG SANGAT BESAR KAMPANYE JUGA DAPAT DILAKSANAKAN DALAM BENTUK PERTEMUAN TERBATAS, TATAP MUKA, PENYEBARAN MELALUI MEDIA CETAK DAN MEDIA ELEKTRONIK, PENYIARAN MELALUI RADIO DAN/ATAU TELEVISI, PENYEBARAN BAHAN KAMPANYE KEPADA UMUM, PEMASANGAN ALAT PERAGA DI TEMPAT UMUM, SERTA DEBAT PUBLIK/DEBAT TERBUKA ANTAR CALON.

SELAIN METODE DAN BENTUK KAMPANYE YANG PERLU JUGA DIPERHATIKAN OLEH PASANGAN CALON ADALAH LARANGAN YANG HARUS DIPATUHI UNTUK TIDAK DI LANGGAR DALAM BERKAMPANYE YAITU; MEMPERSOALKAN DASAR NEGARA PANCASILA DAN PEMBUKAAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945; MENGHINA SESEORANG, AGAMA, SUKU, RAS, GOLONGAN, CALON KEPALA DAERAH/WAKIL KEPALA DAERAH DAN/ATAU PARPOL; MENGHASUT ATAU MENGDU DOMBA PARPOL, PERSEORANGAN, DAN/ATAU KELOMPOK MASYARAKAT; MENGGUNAKAN KEKERASAN, ANCAMAN KEKERASAN ATAU MENGANJURKAN PENGGUNAAN KEKERSAN KEPADA PERSEORANGAN, KELOMPOK MASYARAKAT DAN/ATAU PARTAI POLITIK; MENGGANGGU KEAMANAN, KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM; MENGANCAM DAN MENGANJURKAN PENGGUNAAN KEKERASAN UNTUK MENGAMBIL ALIH KEKUASAAN DARI PEMERINTAH YANG SAH; MERUSAK DAN/ATAU MENGHILANGKAN ALAT PRAGA PASANGAN CALON LAIN; MENGGUNAKAN FASILITAS DAN ANGGARAN PEMERINTAH DAN PEMERINTAH DAERAH; MENGGUNAKAN TEMPAT IBADAH DAN TEMPAT PENDIDIKAN; MELAKUKAN PAWAI ATAU ARAK-ARAKAN YANG DILAKUKAN DENGAN BERJALAN KAKI DAN/ATAU DENGAN KENDARAAN DI JALAN RAYA.

SUDAH SEMESTINYALAH SELURUH PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR ACEH PERIODE 2017-2022 YANG AKAN BERKOMPETISI DAPAT MEMANFAATKAN WAKTU BERKAMPANYE INI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KEPADA RAKYAT SECARA OPTIMAL. KUALITAS KAMPANYE PEMILUKADA DITANDAI DENGAN KEMAUAN PASANGAN CALON UNTUK MEMBERI RUANG BAGI MASYARAKAT DAERAH UNTUK MENDAPAT AKSES INFORMASI TENTANG VISI, MISI DAN PROGRAM YANG DI TAWARKAN. AKSES INFORMASI INI PENTING MENGINGAT KELAK PRODUK KEBIJAKAN PUBLIK MEREKA YANG TERPILIH AKAN LANGSUNG MENYENTUH KEPENTINGAN MASYARAKAT DAERAH YANG BERSANGKUTAN. YANG TERPILIH KELAK AKAN MENENTUKAN KEMANA WAJAH PEMERINTAHAN DAERAH AKAN DIARAHKAN.

KARENANYA MASA KAMPANYE SEHARUSNYA BISA DIMANFAATKAN OLEH PARA CALON UNTUK MENGKOMUNIKASIKAN PROGRAM YANG MENJADI ARAH PEMERINTAHAN KEDEPAN. PERLU DISADARI BAHWA PERSAINGAN ANTAR PASANGAN CALON DALAM PEMILUKADA SANGAT KETAT KARENA YANG BERKOMPETISI ADALAH KADER DAERAH MAKA PEMILU KEPALA DAERAH JUGA BERPOTENSI MENGGIRING MASYARAKAT TERKOTAK-KOTAK DALAM KELOMPOK BARISAN PENDUKUNG SEBANYAK JUMLAH PASANGAN CALON YANG MAJU. WALUPUN PERSAINGAN SANGAT KETAT, HARUS DIBANGUN KOMITMEN BAHWA PEMILUKADA DILAKSANAKAN SECARA DEWASA. MEMBANGUN SIKAP DEWASA BERLAKU UNTUK PASANGAN CALON DAN MASA PENDUKUNG PASANGAN CALON. SEMUA PIHAK DIHARAPKAN MAMPU MENYIKAPI DENGAN ARIF PROSES PEMILU KEPALA DAERAH LANGSUNG, DENGAN AMAN TERTIP DAN DAMAI.

TAHAP KAMPANYE YANG DIBANGUN DALAM SEMANGAT KEDEWASAAN BERPOLITIK, BERMAIN CANTIK DAN MENAWAN UNTUK MENDAPATKAN DAYA DAYA TARIK PEMILIH MERUPAKAN PILIHAN STRATEGIS MEMENANGKAN PEMILUKADA. HINDARI KAMPANYE YANG TIDAK SIMPATIK DAN CENDERUNG MEMUNCULKAN KEKERASAN SOSIAL KARENA HAL INI HANYA AKAN MENUAI SIKAP ANTIPATI DARI MASYARAKAT DAN TENTUNYA MERUGIKAN BAGI UPAYA PENGGALANGAN DUKUNGAN BAGI PASANGAN CALON.

AKHIRNYA KEPADA SELURUH PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI ACEH PERIODE 2017-2022 KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT BERKAMPANYE. SEMOGA SEMANGAT KEBERSAMAAN DAN PERSAUDARAAN DALAM MEMBANGUN ACEH SEBAGAI SERAMBI MEKAH SEBAGAI MOTO PILKADA ACEH PILIHAN BOLEH BEDA GEUTANYOE MEUSYEHDARA ACEH DAMAI ACEH MEMILIH.

Wabillahi Taufik Walhidayah, Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

KETUA KIP ACEH

RIDWAN HADI, SH

 

 

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

IMG_20170406_082750

Inilah para Juara Lomba Jurnalistik Pilkada Aceh 2017

Banda Aceh – KIP Aceh mengumumkan para peraih juara pada malam Anugerah Jurnalistik Pilkada Aceh, …