Home / Berita / Rakorpimda Simeulue, KIP Aceh Pastikan Tahapan Lancar

Rakorpimda Simeulue, KIP Aceh Pastikan Tahapan Lancar

Simeulue – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memastikan akan melaksanakan tahapan Pemilu 2019 di Simeulue dengan baik. Hal ini disampaikan oleh Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri saat mengikuti Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah (Rakorpimda) Kabupaten Simeulue, di Aula Serbaguna Simeulue, Sabtu 19 Januari 2019.

Rakor dihadiri oleh Bupati Erly Hasyim, Kapolres, Dansdim dan unsur para Muspida lainnya, unsur Muspika, Panwaslih dan PPK, Kepala Desa dan pemangku kepentingan lainnya.

Kata Syamsul, KIP Aceh tidak punya pilihan untuk mengambil alih KIP Simeulue, sehubungan belum dilantiknya Komisioner KIP wilayah itu. “Upaya menyelesaikan persoalan pelantikan Komisioner KIP Simeulue terus diupayakan win-win solusi, mudah-mudahan dapat selesai sebelum hari H Pemilu 2019,” katanya.

“Jikapun tidak, maka KIP Aceh tetap siap memastikan Pemilu di Simeulue berlangsung sesuai dengan jadwal tahapan, prinsip dan azas Pemilu,” sambung Syamsul.

Jumlah Caleg untuk DPRK Kabupaten Simeulu berjumlah 298 orang yg memperebutkan 20 kursi. “Sangat kompetitif, perlu dukungan semua pihak agar kompetisi berlangsung fair dan sehat.”

Syamsul mengajak semua pihak dapat melakukan kampanye yang berkualitas dalam meyakinkan masyarakat sehingga terwujud Pemilu berkualitas.

Sesuai data, Pemilu Simeulue diikuti 58.979 pemilih, tersebar di 138 gampong, 10 kecamatan dan terkonsentrasi di 271TPS. “Artinya kalau kita ingin mempertahankan capaian partisipasi pemilih di Simeulue, paling tidak minimal 50 ribu pemilih menggunakan hak pilih di TPS dengan aman dan damai,” harap Syamsul.

Sementara Bupati Simeulu Erly Hasyim mengajak semua pihak dapat berperan aktif dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 dengan mewujudkan kondusifitas daerah dan menjamin terlaksananya kedaulatan rakyat dalam Pemilu yang Damai. “Beda pilihan bagi kita rakyat Simeulue bukanlah hal yg baru, beda pilihan itu rahmat, yang penting dan tidak merusak tatanan sosial kemasyarakatan kita.”

Bupati Erly mengimbau ASN untuk selalu menjaga netralitas, jangan terlibat dalam aktifitas kontestasi partai politik dan peserta Pemilu. Sementara Parpol dan para Caleg dapat mengikuti rangkaian kegiatan tahapan pemilu dengan taat aturan, berkampanye secara santun dan mencerdaskan rakyat. “Jangan lakukan money politic untuk membeli daulat rakyat,” ujarnya.

“Partisipasi Pemilih di Simeulue dalam Pilkada 2017 sejumlah  84 persen harus kita pertahankan dan kita optimis akan lebih meningkat,” sambung Erly.

Dia menegaskan Pemda Simeulue dan seluruh jajaran pemerintah sampai di tingkat gampong siap memberikan dukungan dan fasilitasi dalam menyukseskan tahapan Pemilu 2019. “Walaupun Komisioner KIP Simeulue belum dilantik, tapi yakinlah bahwa tahapan Pemilu di Kabupaten kita tidak akan terhambat.”

Hal ini menurutnya karena KIP Aceh yang mengambil alih penyelenggaran tahapan Pemilu di Simeulue akan memastikan Pemilu 2019 berlangsung sesuai jadwal dan tahapan. “Insya Allah akan lebih berkualitas pelaksanaannya karena dipimpin langsung oleh KIP Aceh,” tutupnya. [Mun|AW]

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com