Home / Berita / KPU RI: Sukses Pemilihan 2020, Pengalaman Bagi Generasi Mendatang
Dok. KPU RI

KPU RI: Sukses Pemilihan 2020, Pengalaman Bagi Generasi Mendatang

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman hadir sebagai narasumber acara Edukasi dan Update Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulanggan Bencana (BNPB), di Graha BNPB, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Arief pada kesempatan itu diminta untuk menceritakan persiapan penyelenggara menghadapi Pemilihan Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19 yang baru pertama kali diselenggarakan dan menjadi sejarah bagi bangsa Indonesia.

“Hari ini bukan hanya sejarah secara teknis pelaksanaannya, tetapi regulasinya, model pelaksanaan, kultur itu juga penting untuk bisa jadi model. Kalau baik diterapkan hari ini dia bisa menjadi contoh baik, kalau buruk, kalau terjadi lagi kita harus meraba-raba lagi. Ini pertaruhan besar bukan hanya untuk generasi sekarang tapi juga generasi yang akan datang,” ungkap Arief.

Guna mendapatkan banyak masukan dalam pelaksanaan Pemilihan 2020, KPU menurut Arief juga melihat pelaksanaan proses demokrasi¬† diberbagai negara yang saat ini juga dilanda Covid-19. “Apa yang dilakukan negara lain bisa jadi pelajaran buat kita. Tapi, untuk mengadopsi sepenuhnya tidak mungkin karena perbedaan kultur, regulasi, situasi, dan anggaraan,” sambung Arief.

Sebagai penyelenggara, KPU menurut Arief juga terus berupaya meyakinkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Rabu, 9 Desember 2020. Dan upaya ini ditambah dengan keyakinan bahwa proses Pemilihan 2020 selalu dilaksanakan dengan memerhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Menambahkan pernyataan Arief, Plt Dirjen Bina Administrasi dan Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal juga menegaskan dukungan pemerintah kepada KPU dalam menyelenggarakan pemilihan yang aman dan sehat. Dukungan tersebut direalisasikan dalam hal anggaran atau regulasi.

Narasumber lainnya, Pakar Teknologi dan Informasi, Roy Surya berharap KPU memaksimalkan penggunaan teknologi dalam pelaksanaan pemilihan kali ini.

Yang juga direspon oleh Arief bahwa pemanfaatan teknologi informasi terus dikembangkan, salah satunya rencana menerapkan Sistem Informasi Rekapitulasi berbasis elektronik (Sirekap) sehingga pemilu dan pemilihan menjadi semakin efisien dan ramah lingkungan. [] Sumber: KPU RI

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com