Home / Berita / KIP Aceh / KPU Laksanakan Rapat Koordinasi Bidang Logistik dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu di Aceh

KPU Laksanakan Rapat Koordinasi Bidang Logistik dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu di Aceh

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengikuti rangkaian kegiatan pada Rapat Koordinasi Bidang Logistik dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu Dalam Rangka Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Kegiatan bertempat di Hermes Palace Hotel Banda Aceh berlangsung dari 30 Maret hingga 1 April. Acara disambut dengan tarian penyambutan khas Aceh Ranup Lampuan dan dilanjutkan dengan pembacaan Ayat suci Al-quran oleh Qari Internasional asal Aceh Takdir Feriza. Kemudian agenda dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama serta pembacaan doa.

Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri menyambut hangat kehadiran Ketua KPU RI Ilham Saputra di kampung halamannya bersama Anggota KPU RI, Prmono Ubaid Tanthowi, Arief Budiman, Viryan, Evi Novida Gintik Manik, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, serta Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima dan  peserta yaitu Ketua, Divisi Teknis dan Divisi Logistik KPU Provinsi  se Indonesia.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam Sambutannya menekankan pentingnya acara Rapat Koordinasi ini agar dapat menghasilkan rumusan serta rekomendasi yang baik terutama kesiapan distribusi logistik jelang Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri dalam sambutannya mengucapkan Selamat Datang kepada para peserta, Silahkan mengikuti acara sembari menikmati keindahan alam, dan objek wisata di Provinsi Aceh, Masyarakat Aceh sangat terbuka  dan menyambut setiap tamu yang berkunjung karena prinsip orang Aceh adalah Peumulia Jamee Adat Geutanyoe (memuliakan tamu adalah adat kami).

“Terima Kasih atas kepercayaan sebagai tuan rumah kegiatan Rakor Logistik dan Teknis, semoga acara rakor ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses” Ujar Syamsul Bahri.

Kegiatan Hari Kedua (Diskusi Panel)

Selanjutnya kegiatan pada hari kedua dilanjutkan dengan diskusi panel yang dimoderatori Kepala Biro Logistik Setjen KPU RI Asep Suhlan pada rangkaian Rapat Koordinasi Bidang Logistik dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu mengangkat tema “Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024, Pengawasan Pemilu dan Strategi Percepatan Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemilu 2024” dengan menghadirkan narasumber Kasubdit Poldagri Kemendagri Rahmat Santoso, Direktur Advokasi Pemerintah Pusat LKPP M.Aris Supriyanto serta Tim Asistensi Bawaslu RI Masmulyadi.

Rahmat menyampaikan usulan pengurangan waktu kampanye hingga penyesuaian dampaknya. Aris memaparkan strategi percepatan dalam pengadaan barang/jasa dengan tender PraDIPA dan katalog elektronik. Sementara, Masmulyadi menyampaikan kesiapan Bawaslu dalam mengawasi tahapan Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan hari kedua di akhiri dengan city trip mengunjungi objek wisata sejarah terutama sejarah tsunami yang ada di kota banda Aceh.

Kegiatan Penutupan

Sementara itu, pada momentum penutupan rangkaian kegiatan rapat koordinasi ini KIP Aceh menyerahkan beberapa cendera mata kepada Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Anggota KPU RI yang diserahkan langsung oleh Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri bersama Anggota KIP Aceh.

Sekretaris KIP Aceh Muchtaruddin mengucapkan terimakasih kepada seluruh para peserta yang telah hadir di Aceh dan mengikuti acara rakor logistic dan teknis ini, semoga hasil yang dicapai hari ini dapat memberikan sumbangsih bagi kelancaran pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024, serta mengucapkan permohonan maaf atas segala kekurangan dalam memfasilitasi pelaksanaan acara rakor ini.

Turut hadir Deputi Bidang Dukungan Teknis Setjen KPU RI Eberta Kawima, Deputi Bidang Administrasi Purwoto Ruslan Hidayat, Kepala Biro Logistik Asep Suhlan, Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu Melgia Carolina Van Harling.