Home / Berita / KIP Aceh Tetapkan DPB Simeulue dan Aceh Tenggara
Pleno DPB untuk Simeulue dan Aceh Tenggara. Foto: Dani

KIP Aceh Tetapkan DPB Simeulue dan Aceh Tenggara

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar pleno rutin untuk menetapkan Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) bagi dua Kabupaten Simeulue dan Aceh Tenggara. Rapat pleno rutin digelar di Kantor KIP Aceh, Banda Aceh, pada 5-6 Agustus 2020, dihadiri Ketua Syamsul Bahri, Wakil Ketua Tharmizi serta anggota lainnya Agusni AH, Akmal Abzal, Munawarsyah dan Ranisah.

“Ini agenda rutin penetapan DPB untuk tingkat kabupaten/kota sesuai amanat UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dab surat edaran KPU RI, digelar sebulan sekali,” kata Agusni AH, Ketua Divisi Data dan Informasi (Datin) KIP Aceh.

Menurutnya, KIP Kabupaten/Kota wajib melakukan pleno perbulan untuk memperbaharui data pemilih berkelanjutan di wilayahnya masing-masing. Sementara untuk tingkat provinsi, KIP Aceh akan melakukan pleno rutin setiap tiga bulan sekali.

“Data akumulasi dari kabupaten/kota akan diplenokan oleh KIP Aceh. Tahun ini sudah dilakukan dua kali, nanti yang ketiga di bulan September,” jelas Agusni.

KIP Aceh melakukan pleno untuk DPB Kabupaten Simeulue dan Aceh Tenggara, dikarenakan dua KIP kabupaten tersebut sedang diambil alih oleh pihaknya.

Hal ini dikarenakan, komisioner KIP Simeulue sampai saat ini belum dilantik, sementara di Aceh Tenggara, ada dua komisioner yang telah diberhentikan tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia, beberapa waktu lalu.

Sesuai rapat pleno DPB untuk dua kabupaten tersebut, Agusni merincikan,  jumlah pemilih di Kabupaten Simeulue adalah 59.499 orang, terdiri dari 30.032 pemilih laki-laki, dan 29.417 pemilih perempuan.

Sementara untuk Kabupaten Aceh Tenggara, DPB tercatat sebanyak 148.490 pemilih, terdiri dari 72.295 pemilih laki-laki, 76.191 pemilih perempuan. []

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com