Monday , June 26 2017
Home / KIP Aceh / KIP Aceh Tangani Sementara Pilkada di Abdya
IMG_2895

KIP Aceh Tangani Sementara Pilkada di Abdya

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar konferensi pers pada Minggu, 22 Januari 2017, di Media Center KIP Aceh, Banda Aceh, terkait pemberhentian sementara empat komisioner KIP Aceh Barat Daya (Abdya) oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Komisioner KIP Abdya yang diberikan peringatan keras dan pemberhentian sementara karena dinilai telah melanggar kode etik penyelenggara pemilu ialah Elfiza, Hasbi, Sayed Masykur, dan Muhammad Zikri.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengatakan, peringatan sanksi berlaku sejak mulai ditetapkannya keputusan pemberhentian sementara Komisioner KIP Abdya sampai dengan keputusan mengenai keabsahan dukungan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) terhadap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Abdya atas nama H. Said Syamsul Bahri dan H. M. Nafis A. Manaf dikoreksi.

Sehubungan dengan keputusan DKPP tersebut, Komisi Pemilihan Umum RI memberikan tugas kepada KIP Aceh untuk mengambil alih pelaksanaan tugas KIP Abdya dalam penyelenggaraan Pilkada sampai dengan dipulihkannya keanggotaan KIP Abdya.

“KIP Aceh juga akan melakukan koreksi atas keabsahan dukungan PKPI terhadap paslon H. Said Syamsul Bahri dan H. M. Nafis A. Manaf sebagaimana dimaksud dalam putusan DKPP nomor 2/DKPP-PKE-VI/2017,” kata Ridwan Hadi.

KIP Aceh juga diminta KPU RI untuk mengumumkan kepada publik tentang perubahan penetapan pasangan calon dalam Pilkada Abdya. Dalam konferensi pers itu, Komisioner KIP Aceh, Robby Syah Putra menampilkan kertas suara yang telah dikoreksi. Dalam kertas suara itu, paslon nomor urut 4 Said Syamsul Bahri dan Nafis A. Manaf dihilangkan. Jadi, dari 10 calon kepala daerah di Abdya, hanya ada 9 calon di kertas suara itu.

Jika ada pihak yang merasa keberatan dengan keputusan DKPP RI, Ridwan Hadi mengatakan boleh diajukan keberatan. “Silahkan ditempuh melalui jalur hukum yang disediakan,” ujarnya.

Komisioner yang hadir dalam konferensi pers tersebut ialah Ridwan Hadi, Robby Syah Putra, Fauziah, dan Junaidi. [Hadi | MC KIP Aceh]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

IMG_20170406_082750

Inilah para Juara Lomba Jurnalistik Pilkada Aceh 2017

Banda Aceh – KIP Aceh mengumumkan para peraih juara pada malam Anugerah Jurnalistik Pilkada Aceh, …