Home / Berita / KIP Aceh Seleksi Anggota PPK Tambahan di Aceh Selatan
Foto: Yudi

KIP Aceh Seleksi Anggota PPK Tambahan di Aceh Selatan

Tapak Tuan – Sebanyak 100 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan untuk Kabupaten Aceh Selatan mengikuti seleksi wawancara di Aula Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Selasa 20 November 2018. “Mereka nantinya akan dipilih masing-masing dua orang per kecamatan. Ada 18 kecamatan di Aceh Selatan,” kata Munawarsyah, Komisioner KIP Aceh.

Para calon anggota PPK tambahan Aceh Selatan yang diseleksi wawancara berasal dari calon cadangan sebelumnya dari Pilkada 2017 dan Pemilu 2019 di wilayah masing-masing. Nantinya komisioner KIP Aceh memilih dua orang tambahan dan menetapkan lima calon cadangan.

Wawancara terhadap peserta dilakukan oleh enam komisioner KIP Aceh; Tharmizi, Akmal Abzal, Munawarsyah, Muhammad, Agusni dan Ranisah. Mereka dibantu oleh Tim Panitia dari sekretariat KIP Aceh dan Sekretariat KIP Aceh Selatan.

Munawarsyah mengatakan, penambahan dua orang anggota PPK dilakukan di seluruh Indonesia. Sebelumnya telah ada tiga anggota PPK yang bertugas di seluruh kecamatan. Perekrutan dua orang lagi dilakukan sesuai surat edaran KPU Nomor 1373/PP.C5-SD/01/KPU/KT/2018 tentang proses penambahan jumlah anggota PPK pasa Pemilu Tahun 2019 pasca-Putusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018 tertanggal 5 November 2018.

Teknis perekrutan tetap berpedoman pada pasal 36 PKPU Nomor 3 Tahun 2018 terkait Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS dan KPPS.

Selain di Aceh Selatan, KIP Aceh juga menangani perekrutan anggota PPK tambahan di Aceh Tenggara dan Simeulue. Tiga kabupaten tersebut statusnya sedang diambil alih oleh KIP Aceh, menyusul belum dilantiknya komisioner KIP yang baru di sana. [AW]

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com