Home / Berita / KIP Aceh laksanakan Sosialisasi Peraturan KPU tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik dan pemutakhiran data berkelanjutan.

KIP Aceh laksanakan Sosialisasi Peraturan KPU tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik dan pemutakhiran data berkelanjutan.

Banda Aceh, KIP Aceh melaksanakan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2021 tentang  Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Komisi Pemilihan Umum dan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bagi KIP Kab/Kota se Aceh, secara luring di Aula Kantor KIP Aceh dan during melalui zoom meeting, rabu (8/12).

Kegiatan Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua KIP Aceh, Tharmizi bersama Anggota KIP Aceh Divisi Data Informasi, Agusni AH dan Kabag Program Data Organisasi dan SDM KIP Aceh, Nur Azizah.

Dalam sambutannya Tharmizi mengharapkan agar  Divisi Data dan Informasi beserta operator Sistem Data Pemilih (Sidalih) KIP Kabupaten/Kota mampu menjadikan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2021 dan terlebih lagi Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2021 tentang Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) sebagai pedoman dalam melakukan proses pemutahiran setiap bulan dan per triwulan. Tingkatkan koordinasi dengan pemangku kepentingan lebih baik lagi supaya kegiatan pemutakhiran DPB berjalan dengan lancar dan sesuai aturan yang berlaku.

Hadir sebagai Narasumber secara daring, Kapusdatin KPU RI Sumariyandono, Kabid Infrastruktur dan Tata kelola Teknologi Informasi Pusdatin KPU RI, Solahuddin serta  Staf Ahli Divisi Data dan Informasi KPU RI, Nanang Indra. 

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan  penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada masyarakat sebagai Pengguna SPBE. 

SPBE di lingkungan KPU bertujuan  untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemilu  yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta  berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik di lingkungan KPU  diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem teknologi informasi yang ada selama ini guna mensukseskan pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 yang akan datang.

Salah satu pemanfaatan SPBE adalah Memutakhirkan Data Pemilih dengan menggunakan Teknologi  Informasi yang dapat menjamin kerahasiaan data serta mampu menyediakan data dan informasi Pemilih berskala nasional dan daerah secara komprehensif, akurat,  mutakhir dan berkelanjutan  yang digunakan untuk penyusunan DPT pada Pemilu dan/atau Pemilihan berikutnya;

Kegiatan Sosialisasi berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.(HumasKIPAceh)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com