Home / Berita / KIP Aceh / KIP Aceh jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Sosialisasi Penggunaan SIREKAP

KIP Aceh jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Sosialisasi Penggunaan SIREKAP

Banda Aceh – KIP Aceh beserta seluruh satuan kerja KIP Kab/Kota Se Aceh mengikuti kegiatan Sosialisasi Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) yang diselenggarakan oleh KPU RI di Amel Convention Hall Banda Aceh, Rabu (30/3).

Aplikasi SIREKAP merupakan sebuah sistem informasi yang dirancang untuk mendapatkan Data Orisinil hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan berfungsi untuk meningkatkan transparansi, dan akuntabilitas, mengurangi tingkat kesalahan, dan mempersingkat waktu, dan menjaga kemurnian hasil penghitungan suara serta memudahkan proses rekapitulasi hasil pemilu. SIREKAP sendiri sudah teruji pada Pemilihan sebelumnya, tepatnya pada Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Pemilihan Aceh sebagai tuan rumah kegiatan sosialisasi penggunaan SIREKAP karena berhubungan Aceh tidak mengikuti pemilihan pada tahun 2020 sehingga perlu dilakukan sosialisasi terhadap penggunaan aplikasi tersebut, untuk persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang. Selain KIP Aceh dan seluruh KIP Kab/Kota Se Aceh, juga turut hadir sebagai peserta,yaitu KPU Provinsi DKI Jakarta bersama KPU Kab/Kota Administrasi Se Provinsi Jakarta serta Ketua Divisi teknis KPU Provinsi Se-Indonesia.

Kegiatan dibuka oleh Anggota KPU RI Bapak I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mewakili Ketua KPU RI Ilham Saputra. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada seluruh peserta untuk mengikuti setiap rangkaian agenda dalam acara ini dengan seksama karena simulasi penggunaan sirekap ini sebagai bentuk persiapan menghadapi pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Selanjutnya Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Melgia Carolina Van Harling memberikan penjelasan mengenai kegiatan sosialisasi ini. Pada penjelasannya menegaskan bahwa Sosialisasi dan uji coba penggunaan sirekap bertujuan untuk mengenalkan dan memberi pemahaman penggunaan Sirekap kepada daerah yang belum menggunakan Sirekap pada pemilihan sebelumnya, khususnya Aceh dan DKI Jakarta, katanya.

Selain itu KIP Aceh sebagai tuan rumah juga turut memberikan sambutan melalui Anggota KIP Aceh Munawarsyah, mewakili Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri.

“Selamat Datang, ahlan wa sahlan, di Kota Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh, para peserta dan undangan acara sosialisasi SIREKAP, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses. KIP Aceh sangat berterima kasih kepada KPU RI yang telah mempercayakan Provinsi Aceh sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan sosialisasi SIREKAP ini, dan mohon maaf atas segala kekurangannya” Ucap Munawarsyah.

Turut hadir ketua Divisi Teknis KPU RI Ibu Evi Novida Ginting Manik, Deputi Dukungan Teknis Eberta Kawima, Kepala Biro Logistik KPU RI, dan Anggota KIP Aceh Akmal Abzal, Ranisah bersama Sekretaris KIP Aceh Muchtaruddin.

Sekretaris KIP Aceh menghimbau kepada seluruh satker KIP Aceh untuk menyimak dengan seksama kegiatan sosialisasi SIREKAP ini untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak di Aceh terutama pada tahapan penghitungan dan rekapitulasi suara menggunakan SIREKAP.

Pelaksanaan uji coba penggunaan SIREKAP dilakukan dengan mereka beberapa kondisi yang mungkin akan dihadapi kelak nanti ketika Pemilu berlangsung, mulai dari kondisi normal, lancar, online maupun offline serta kendala-kendala seperti kehilangan jaringan dan error lainnya.

Penggunaan SIREKAP pada sosialisasi ini dilakukan dari tingkat TPS dengan penggunaan SIREKAP Mobile yang dilakukan pada 6 TPS. Kemudian untuk menindaklanjuti pada tahapan selanjutnya maka dilakukan Rekapitulasi pada tingkatan Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga Provinsi menggunakan SIREKAP WEB.

Kegiatan Sosialisasi SIREKAP berjalan dengan lancar tanpa kendala, Turut Hadir dalam kegiatan Sosialisasi ini, Panwaslih Provinsi Aceh, Stakeholder Provinsi Aceh, Perwakilan dari Partai Politik tingkat Provinsi Aceh, LSM dan Media.