Home / Berita / KIP Aceh Ikuti Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu di Lingkungan Sekretariat KPU Provinsi/ KIP Aceh dan Sekretariat KPU/KIP Kabupaten/Kota

KIP Aceh Ikuti Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu di Lingkungan Sekretariat KPU Provinsi/ KIP Aceh dan Sekretariat KPU/KIP Kabupaten/Kota

Banda Aceh – KIP Aceh mengikuti Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu di Lingkungan Sekretariat KPU Provinsi/ KIP Aceh dan Sekretariat KPU/KIP Kabupaten/Kota, Banda Aceh, pada Senin (06/06) kemarin.

Pelatihan diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota yang bertempat di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. Hadir Anggota KIP Aceh Munawarsyah dan Ranisah.

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas/kompetensi dasar PNS dalam Tata Kelola Pemilu yang meliputi aspek pengetahuan (Knowledge), aspek keterampilan (Skills), dan sikap/etos kerja (Attitude) bagi PNS di Sekretariat KPU Provinsi/KIP ACEH dan Sekretariat KPU/KIP Kabupaten/Kota.

Selain itu juga upaya untuk mengkonsolidasikan organisasi yang bersifat hierarkis dalam satu kesatuan manajemen kepegawaian dalam rangka persiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri dalam sambutannya menyampaikan “mari bekerja sama dan jangan menonjolkan ego sektoral, tidak ada batasan antar Sekretariat dengan Komisioner, ujarnya.

Kerja sama antar Komisioner dengan Sekretariat yang saling bahu membahu, jauh dari pilah memilah maka akan tercapainya tujuan yang di harapkan.

Tujuan agenda inipun agar dapat bekerja sama dan di aplikasikan sehingga penting untuk di camkan keberhasilan kerja adalah keberhasilan organisasi”, pungkasnya.

Sekretaris KIP Aceh Muchtaruddin selanjutnya dalam menyampaikan laporan kegiatan menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini perihal pelaksanaan peningkatan kapasitas Tata Kelola Pemilu bagi PNS KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota.

Bernad Dermawan Sutrisno selaku Sekretaris Jenderal KPU RI memberikan arahan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini agar fokus dan mencapai pemahaman yang sama mengenai Tata Kelola Pemilu.

“Konsolidasi yang berintegritas, efektif dan efisien menjadi misi utama dan mari bekerja sama untuk menjadikan lembaga yang dapat di banggakan.

Agenda ini dalam rangka agar setiap ASN di Lingkungan Sekretariat KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota menguasai pengetahuan Tata Kelola Pemilu, bagian dari upaya membentuk SDM yang kompeten, integritas dan berwibawa”, ujarnya.

Kegiatan kemudian berlanjut pada paparan materi oleh Nazir Salim Manik, Tim Pakar Sekretariat Jenderal KPU RI didampingi Mohammad Fadlilah, Tenaga Ahli Sekretariat Jenderal KPU RI.

Pelatihan ini terlaksana berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal KPU RI Nomor 1164/PLB.02-SD/13/2022 Tanggal 31 Mei 2022 Perihal Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Pemilu bagi PNS KPU Provinsi/KIP ACEH dan KPU/KIP Kabupaten/Kota.