Thursday , August 24 2017
Home / KIP Aceh / KIP Aceh Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye
sosialisasi-dana-kampanye

KIP Aceh Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, menggelar sosialisasi pelaksanaan kampanye dan dana kampanye 2017, yang dilaksanakan di Hotel Mekkah, Banda Aceh, Rabu 19 Oktober 2016.

Dalam sosialisasi tersebut, Komisioner KIP Aceh Junaidi mengatakan, setiap pasangan calon nantinya akan diberikan pemahaman penggunaan dana kampanye pada Pilkada 2017.

Junaidi menambahkan, pada saat pasangan calon kepala daerah melakukan kampanye, baik dalam bentuk petemuan terbatas, maupun penyebaran alat peraga kampanye, konsekuensinya pasangan calon harus melaporkan adanya dana kampanye. “Untuk pelaporan dana kampanye, KPU secara nasional sudah menyiapkan aplikasi, aplikasi itulah yang akan kita transfer kepada setiap pasangan calon,” katanya.

Menurutnya, sumbangan dana kampanye memiliki batasan tertentu, baik calon independen maupun partai politik. Penyumbang pribadi/perseorangan hanya boleh menyumbang maksimal Rp 75 Juta, sedangkan penyumbang berbadan hukum, maksimal Rp 750 juta. Sementara sumbangan dari calon sendiri tidak memiliki batasan jumlah, boleh berapapun, hanya saja jumlah pengeluaran yang dibatasi.

Sementara itu, Panitia Pengawas Pemilu Aceh, Irhamsyah mengatakan pihaknya akan terus mengawasi setiap tahapan yang dilaksanakan oleh KIP Aceh, sehingga bisa segera menindak secara tegas berbagai persoalan pelanggaran di dalam tahapan pemilu nantinya.

“Kita siap mengawasi seluruh proses tahapan kampanye, yang dilakukan di lapangan, baik itu penyebaran alat peraga, pertemuan terbatas dan tahapan lain nya,” jelas Irhamsyah.

Dirinya juga berharap, agar setiap pasangan calon kepala daerah agar mematuhi aturan yang sudah ditetapkan, sehingga tidak menimbulkan persoalan yang mengarah kepada konflik. Pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada setiap pasangan calon yang melakukan pelanggaran. [Aprizal | MC KIP Aceh]

 

 

 

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

IMG_20170406_082750

Inilah para Juara Lomba Jurnalistik Pilkada Aceh 2017

Banda Aceh – KIP Aceh mengumumkan para peraih juara pada malam Anugerah Jurnalistik Pilkada Aceh, …