Home / Berita / KIP Aceh Bersama KIP Kabupaten/Kota Se Aceh Ikuti Peluncuran Tahapan Pemilu Tahun 2024

KIP Aceh Bersama KIP Kabupaten/Kota Se Aceh Ikuti Peluncuran Tahapan Pemilu Tahun 2024

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengikuti kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di ruang Aula setempat secara daring pada Selasa malam (14/06).

Peluncuran ini menandakan bahwa tahapan pemilu secara resmi telah dimulai, sesuai perhitungan mundur, maka hari ini bertepatan dengan 20 bulan hari pemungutan suara, 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilu memerlukan tiga elemen pokok agar terlaksana, pertama peserta pemilu, kemudian pemilih dan terakhir proses terlaksananya.

“Adanya partai politik sebagai peserta, kemudian hak memilih setiap warga yang harus tetap terjamin serta adanya proses pemungutan dari tahapan TPS hingga rekapitulasi”,ujarnya.

Selain itu, beliau juga menerangkan Pemilu merupakan wadah bagi rakyat Indonesia secara menyeluruh untuk menentukan dan memilih pilihan calon pemimpin bangsa ini kelak. Disamping itu, beliau meminta dukungan kepada semua pihak terutama rakyat indonesia agar terlaksananya Pemilu Serentak 2024 sesuai dengan asas “Jurdil” atau jujur, bebas dan adil.

“Perlu memaknai pemilu sebagai arena musyawarah besar bagi rakyat untuk memilih pemimpin bangsa kedepan dan tetap dalam bingkai negara kesatuan dengan Bhineka Tunggal Ika”, pungkasnya.

Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri bersama Anggota, Tharmizi, Muhammad, Ranisah, Agusni AH, Munawarsyah dan Akmal Abzal serta Sekretaris KIP Aceh, Muchtaruddin mengikuti secara luring di KPU RI, tempat peluncuran tahapan pemilu 2024.

Hadir dalam kegiatan peluncuran melalui zoom meeting, Chairil Anwar, Kabag Perencanaan dan Data Informasi, T.Joan Virgianshah, Kabag Keuangan Umum dan Logistik, dan Fahmi, Kabag Teknis Penyelenggara Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Hukum dan SDM serta seluruh staf Sekretariat KIP Aceh. Kegiatan juga diikuti dengan nonton bersama oleh seluruh satker di Lingkungan KIP Kabupaten/Kota Se Aceh.