Home / Berita / KIP Aceh Akhiri Rangkaian Kegiatan Rapat Pimpinan Daerah bersama KIP Kabupaten/Kota Se Aceh Dalam Rangka Penguatan Kelembagaan

KIP Aceh Akhiri Rangkaian Kegiatan Rapat Pimpinan Daerah bersama KIP Kabupaten/Kota Se Aceh Dalam Rangka Penguatan Kelembagaan

Takengon – Dalam rangka penguatan Kelembagaan, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akhiri rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan Daerah bersama KIP Kabupaten/Kota Se Aceh yang ditutup langsung oleh Syamsul Bahri, Ketua KIP Aceh di Hotel Grand Bayu Hill pada Kamis malam kemarin (02/06).

Syamsul Bahri menyampaikan kepada seluruh Komisioner yang berhadir, baik di lingkungan KIP Aceh maupun dari Satuan Kerja (Satker) dengan Sekretaris masing-masing agar tujuan utama dari terlaksananya agenda ini dapat tercapai.

Menjadi evaluasi terhadap pribadi dan lembaga khususnya, sehingga gesekan dan polemik yang muncul dapat diredam dengan pendekatan yang bijak sehingga menghasilkan sebuah penguatan pada kelembagaan, ujarnya.

Acara diawali dengan penyampaian Rekomendasi hasil rembukan dari setiap Divisi. Kemudian dilanjutkan dengan paparan pandangan dari seluruh Komisioner KIP Aceh bersama Sekretaris KIP Aceh sebagai bahan acuan kepada seluruh peserta Rapimda tersebut.

Muchtaruddin selaku Sekretaris KIP Aceh menyampaikan harapan kepada seluruh Sekretaris Satker agar bekerja dengan sebaik mungkin.

Selain itu juga berharap setiap Komisioner Satker agar membimbing setiap Sekretaris masing-masing sehingga terwujudnya sinergi dalam kelembagaan, pungkasnya.

Kegiatan kemudian berpindah pada penganugerahan kepada Satker yang terpilih sebagai terbaik pada beberapa nominasi setelah adanya tahapan seleksi yang ketat.

Pada kategori Penyampaian laporan program anggaran dan monitoring evaluasi kegiatan maka muncul sebagai Harapan 1 dari KIP Kota Banda Aceh, Terbaik 3, KIP Kota Langsa, Terbaik 2 KIP Kabupaten Aceh Besar dan pemuncaknya KIP Kota Sabang sebagai Terbaik 1. 

Kemudian pada kategori Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan terdapat 6 penghargaan, yaitu sebagai berikut:

Baik 3 : KIP Kota Langsa 

Baik 2 : KIP Kota Lhokseumawe

Baik 1 : KIP Kabupaten Bener Meriah

Terbaik 3 : KIP Kabupaten Gayo Lues

Terbaik 2 : KIP Kabupaten Aceh Tengah

Terbaik 1 : KIP Kabupaten Aceh Barat

Selanjutnya terpilih sebagai pemenang pada penghargaan kategori Pengelolaan Keuangan Terbaik yaitu:

Terbaik 3    : KIP Kota Lhokseumawe

Terbaik 2    : KIP Kota Banda Aceh

Terbaik 1    : KIP Kabupaten Aceh Besar

Acara ditutup dengan foto bersama setelah penganugerahan pada kategori terakhir berupa Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KIP Kabupaten/Kota Teraktif & Inovatif di Media Sosial yang Diberikan kepada Bapak Rusli Razali (Komisioner KIP Kota Banda Aceh).

Hasil Rapimda ini akan meninjau pada Rekomendasi dari setiap Divisi dan Sekretaris KIP Kabupaten/Kota Se Aceh dengan penelaahan lebih lanjut oleh KIP Aceh yang kemudian diajukan kepada KPU RI sehingga dapat menjadi salah satu indikator pertimbangan pada kesiapan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang.