Home / Berita / Kesiapan Pemilu Serentak 2024, KIP Aceh Gelar Rapimda di Takengon

Kesiapan Pemilu Serentak 2024, KIP Aceh Gelar Rapimda di Takengon

Ketua KIP Aceh membuka secara resmi Rapat Pimpinan Daerah dalam rangka Penguatan Kelembagaan KIP Aceh dan KIP Kab/Kota Se Aceh Menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 pada Rabu malam (01/06) di Hotel Grand Bayu Hill, Takengon.

Dalam Rapat ini diikuti oleh seluruh Komisioner KIP Aceh, Sekretaris KIP Aceh beserta seluruh Komisioner dan Sekretaris KIP Kabupaten/Kota Se Aceh selama 1 hingga 3 Juni.

Kegiatan pembukaan berlangsung di Hotel Grand Bayu Hill. Lantunan ayat suci Al-Quran dan Shalawat badar mengawali prosesi acara pembukaan kegiatan tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama.

Muchtaruddin sebagai Sekretaris KIP Aceh mengawali dengan penyampaian laporan kegiatan.

Beliau berterima kasih sepenuhnya kepada Aceh Tengah yang telah menyambut kedatangan dan bersedia menjadi tempat untuk pelaksanaan kegiatan ini.

Kegiatan ini diharapkan bisa melahirkan sebuah hasil kebijakan yang bisa menjadi jawaban setiap tantangan yang akan dihadapi untuk pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2024, ujarnya.

Ketua KIP Aceh Tengah selaku tuan rumah pelaksanaan Rapimda Tahun 2022 ini menyambut hangat kedatangan KIP Aceh beserta KIP Kabupaten/Kota lainnya di Tanah Gayo. 

Selanjutnya Bupati Aceh Tengah, dalam sambutannya menyampaikan harapan besar kepada KIP selaku salah satu penyelenggara Pemilu, banyak berita simpang siur mengenai Pemilu serentak tahun 2024, sehingga menyebabkan masyarakat kebingungan dengan banyaknya sumber informasi yang saling tumpang tindih, hal ini harus mampu di jawab oleh KIP, sehingga akan meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu.

Syamsul Bahri selaku Ketua KIP Aceh selanjutnya memberikan sambutan dan arahannya.

Beliau menegaskan kepada seluruh komisioner dan sekretaris yang hadir dalam rapimda ini agar dengan sepenuhnya berusaha untuk mengikuti setiap agenda yang diwacanakan, maka dengan demikian akan menghasilkan sebuah kebijakan dan jawaban yang nantinya akan dibawa oleh beliau dan Anggota KIP Aceh lainnya ke Rapat pimpinan di Nasional di Jakarta dalam waktu dekat, pungkasnya.

Selanjutnya secara resmi dibuka oleh beliau dan diakhiri dengan pembacaan doa serta foto bersama. Kegiatan Rapimda berlangsung di dua tempat yang berbeda, Hotel Grand Bayu Hill dan Hotel Renggali dengan terdapatnya kelas dari setiap Divisi.

Keseluruhan kelas berjumlah 6 kelas, dengan pembagian pada dua tempat acara. Setiap Divisi narasumbernya berupa ketua Divisi pada KIP Aceh di bidang tersebut.

Pada Hotel Grand Bayu Hill terdapat 3 kelas, Munawarsyah sebagai ketua membidangi Divisi Teknis Penyelenggaraan sebagai narasumber pada kelasnya, kemudian terdapat kelas Divisi SDM dan Parmas yang narasumbernya Muhammad dan Akmal Abzal serta Tharmizi sebagai narasumber pada kelas Divisi Hukum dan Pengawasan.

Sedangkan pada Hotel Renggali juga terdapat 3 kelas dengan pembagiannya kelas Keuangan dan Logistik dengan narasumbernya Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri bersama Ketua Divisi Keuangan dan Logistik Ranisah.

Kelas selanjutnya di bidang Divisi Data dan Informasi, Agusni AH bertindak sebagai narasumber selaku Ketua Divisi tersebut.

Dan terakhir merupakan kelas Sekretaris yang dipimpin langsung Sekretaris KIP Aceh Muchtaruddin sebagai narasumber.

Dengan terlaksana agenda ini diharapkan terciptanya sebuah penguatan pada kelembagaan KIP Aceh bersama seluruh satker dan tentunya diharapkan kesiapan lebih mumpuni terhadap menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang.