Tuesday , September 19 2017
Breaking News
Home / KIP Aceh / Kandidat Calon Gubenur Aceh Deklarasi Pilkada Damai
Foto: Wendy
Foto: Wendy

Kandidat Calon Gubenur Aceh Deklarasi Pilkada Damai

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan unsur Forkopimda menggelar deklarasi Pilkada Berintegritas dan Damai Aceh 2017 bersama para calon gubernur/wakil gubenur Aceh. Deklarasi berlangsung di kantor Polda Aceh, Banda Aceh, Kamis 10 November 2016.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi dalam sambutannya mengatakan semua pihak menginginkan berlangsungnya Pilkada Aceh yang nyaman, damai dan aman. “Kesempatan ini (deklarasi) dapat digunakan oleh para kandidat untuk berintegritas dan damai, sesuai ikrar bersama,” katanya.

Menurutnya, pada 10 November bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional yang dapat menjadi renungan bersama, mengambil semangat dari para pahlawan seperti Cut Nyak Dhien, Teuku Umar. Semangat mereka, dapat dituangkan dalam komitmen bersama dalam ikrar Pilkada damai.

Ridwan Hadi juga menambahkan, Allah SWT telah mencatat siapa yang akan menjadi pemimpin Aceh ke depan. “Hari ini adalah bagian dari kompetisi, siapapun yg terpilih, yang lain dapat mendukung guna kesejahteraan masyarakat Aceh.”

”Persaudaraan jangan putus hanya gara-gara Pilkada. Pilihan boleh beda, tapi kita bersaudara,”sambung Ridwan Hadi.

Sementara itu, Kapolda Aceh Irjen Polisi Rio Septianda Djambak mengatakan gangguan keamanan yang terjadi di beberapa tempat belakangan ini seperti pembakaran bendera partai dan ancaman bom, akan terus meningkatkan kewaspadaan pihaknya dalam pengamanan Pilkada. Menjadi tugas bersama semua pihak dan masyarakat untuk menjaga ketertiban. “Polri dan TNI akan melakukan berbagai upaya menjamin pilkada berlangsung damai dam aman.”

Dia mengharapkan para kandidat dalam berkompetisi menggunakan jiwa besar. Yang menang tak perlu sombong karena kemenangan menjadi milik seluruh masyarakat Aceh,  bukan milik golongan. “Mari sama-sama menciptakan kondisi yang sejuk dan damai. Menunjukkan Aceh semakin matang dalam berdemokrasi,” sebut Irjen Rio.

Plt Gubenur Aceh, Soedarmo mengatakan Pillkada adalah pesta demokrasi. Semua pihak harus bahu-membahu menciptakan suasana yang damai. Dia menekankan agar suasana dapat berlangsung kondusif, agar masyarakat dapat memilih pemimpin dengan nyaman, tanpa intimidasi maupun munculnya kekerasan.

Kepada penyelenggara, Soedarmo juga mengingatkan agar dapat bersikap netral tanpa berpihak kepada pasangan manapun.

Deklarasi Pilkada Damai yang dihadiri oleh seluruh calon gubernur/wakil gubenur Aceh juga disertai dengan penandatanganan ikrar bersama. Selain para calon, ikrar juga ditanda-tangani oleh tim pemenangan calon, serta unsur Forkopimda plus. Selanjutnya juga disertai dengan pelepasan merpati bersama sebagai simbol damai. [AW | MC KIP Aceh]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

IMG_6019 (Large)

Pemberian Penghargaan Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Berprestasi di Lingkungan Sekretariat KIP Aceh

Guna memberikan motivasi PNS dalam meningkatkan Kinerja dan mendorong PNS untuk menunjukkan prestasi kerja secara …