Home / Berita / Jelang Penetapan DCS DPD, KPU Gelar Rakor
Foto: Hupmas KPU RI

Jelang Penetapan DCS DPD, KPU Gelar Rakor

Jakarta | KPU RI – Menjelang Penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan 34 KPU Provinsi.

Rapat sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, dimana penyusunan, penetapan dan pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Anggota DPD Pemilu dijadwalkan terlaksana pada 31 Agustus-2 September 2018.

“Kami perlu melakukan Rakor untuk validasi Daftar Calon Sementara yang akan kita tetapkan bersama-sama KPU Provinsi yang dalam hal ini menerima pendaftaran DPD,” kata Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting saat membuka Rakor Penyampaian Dokumen dan Penetapan DCS Bakal Calon Anggota DPD Pemilu Tahun 2019, di Jakarta Rabu 29 Agustus 2018.

Pada acara yang berlangsung hingga Minggu (2/9) itu, Evi juga mengingatkan agar selama proses validasi yang dilakukan antara KPU dan KPU Provinsi ini, dikerjakan secara cermat dan hati-hati. Terutama saat memeriksa seluruh data bakal calon. “Validasi ini butuh waktu, perhatian, pencermatan dan prinsip kehati-hatian. Kita sama-sama mengecek kembali, apakah daftar calon yg telah disusun oleh provinsi sudah memenuhi syarat semua,” lanjut Evi.

Sebagai informasi, data calon yang diserahkan oleh KPU Provinsi untuk dilakukan validasi berupa  Berita Acara hasil verifikasi keabsahan; fotokopi KTP; daftar riwayat hidup; pas foto beserta soft copy; data calon yang tidak memenuhi syarat karena berstatus sebagai mantan narapidana narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi; serta data calon anggota DPD yang masih berstatus sebagai pengurus partai politik sebagaimana dimaksud putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 30/PUU-XVI/2018.

Hadir pula pada Rakor Tersebut, Kepala Biro Teknis dan Hupmas Nur Syarifah dan Kepala Biro Hukum Sigit Joyowardono. Sementara peserta Rakor terdiri dari Komisioner KPU Provinsi Divisi Teknis dan Hukum, beserta Kasubag Teknis dan Hupmas. [KPU RI]

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com