Home / Berita / Nasional / RPP Nasional Linear dengan Target Partisipasi Pemilih Pemula
Foto: KPU RI

RPP Nasional Linear dengan Target Partisipasi Pemilih Pemula

Yogyakarta | KPU RI – Berdirinya Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional sejalan dengan upaya meningkatkan partisipasi pemilih pemula di Indonesia. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU), Arief Budiman melalui RPP Nasional diharapkan minat pemilih pemula tentang dunia kepemiluan bisa meningkat.

Menurutnya, pemilih pemula adalah bagian penting dalam suksesnya proses demokrasi, di mana dalam beberapa tahun ke depan mereka lah yang menentukan jalannya pesta demokrasi itu sendiri. “Sebetulnya di tempat ini kami fokus kepada pemilih pemula, kenapa itu penting, karena kalau pemilih pemula paham pentingnya pemilu maka lima tahun mendatang mereka bisa jadi agen tersendiri buat kita, agen sosialisasi, agen pemberi informasi kepada masyarakat,” ungkap Arief usai peresmian RPP nasional, di Gedung Kotak Lantai 2, Taman Pintar, Yogyakarta, Rabu 2 Mei 2018.

Menurut Arief apabila pemilih pemula tidak mendapat perhatian serius maka pemilu ke depan bisa saja gagal dikarenakan kurangnya minat pemilih dalam menggunakan hak suaranya. “Pemilu lima tahun mendatang bisa gagal karena pemilih pemulanya tidak tertarik, tidak peduli kepada pemilu, jadi keberhasilan hari ini adalah keberhasilan untuk lima tahun yang akan datang,” tegasnya.

Kendati demikian, penerima Penghargaan Tokoh Nasional Berprestasi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu yakin melalui RPP yang dibangun di Taman Pintar ini dapat menarik kunjungan pemilih pemula. Apalagi lokasinya yang menyatu dengan zona-zona lain yang dikhususkan untuk anak dan remaja. [KPU RI]

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com