Thursday , July 20 2017
Home / KIP Aceh / Menyerahkan Si Tambo Lewat Syair
Foto: Hadi
Foto: Hadi

Menyerahkan Si Tambo Lewat Syair

Lhokseumawe – Maskot Pilkada Aceh 2017, Si Tambo diserahkan melalui syair bahasa Aceh dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara kepada KIP Lhokseumawe. Penyerahan itu berlangsung di Lapangan Hiraq, Kota Lhokseumawe, Selasa, 10 Januari 2017.

Syair yang dibacakan oleh dua anggota Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Lhokseumawe, yaitu T. Alamsyah dan Mukhtar tersebut terdengar lucu, namun sarat makna. Para hadirin yang terdiri dari perwakilan partai politik, kepolisian, KIP, dan ormas beberapa kali tertawa dan bertepuk tangan mendengar syair itu.

Mukhtar, mewakili KIP Aceh Utara mengucapkan syair singkat tentang penyerahan Si Tambo dari KIP Aceh Utara kepada KIP Lhokseumawe. Selanjutnya T. Alamsyah membaca syair panjang.

Di antara syair itu berbunyi, “Kamo geumeuhei le Teungku Matang, kamo geu undang lewat MAA. Nibak uroe nyo kamo geu undang, peuget sambutan pemilukada. Kageu seumike le Teungku Matang, pakiban jalan geumita cara. Bek karu-karu lam pemilihan, geu tanyo rakan sama ta jaga.”

Peut boh kandidat kana bak lambang, ho ho yang senang silahkan saja. Asai bek peublo meh dalam umpang, beudeh rakan ci buka mata. Leupah sayang aneuk rambideun, jipeuget umpung bak ule para, bak buleun dua pilihan umum, geutanyo mandum pileh suara.”

Tapileh wakil yang meri reubeung, meunyo yang bajeung talet ulua. Bek roh tapileh yang kurek balum, tapileh ureng yang bela bangsa. Buken le sayang aneuk cempala, di dalam cintri teungeh jinari, pilihan umum bak buleun dua, tanyo syedara peuka tapike,” ucap T. Alamsyah.

Usai penyerahan, Tambo diarak keliling Kota Lhokseumawe. Perwakilan KIP, partai politik, dan kepolisian ikut membawa keliling maskot Pilkada Aceh 2017 itu.

Ketua KIP Lhokseumawe, Syahrir M. Daud mengatakan, arakan Tambo merupakan bagian dari sosialisasi KIP untuk mengingatkan masyarakat agar mencoblos pada 15 Februari 2017 mendatang.

“Tambo itu dulu dipakai untuk memanggil atau mengumpulkan masyarakat. Untuk Pilkada ini, kita ingin masyarakat berpartisipasi dalam pemilihan nanti. Kita berharap situasi Pilkada terus damai,” ujarnya. [Hadi | MC KIP Aceh]

tamno_lhoks2

 

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

IMG_20170406_082750

Inilah para Juara Lomba Jurnalistik Pilkada Aceh 2017

Banda Aceh – KIP Aceh mengumumkan para peraih juara pada malam Anugerah Jurnalistik Pilkada Aceh, …