Monday , July 24 2017
Home / KIP Aceh / Mahasiswa Gelar Simulasi Pemilihan untuk Pemula
Foto: Yudi
Foto: Yudi

Mahasiswa Gelar Simulasi Pemilihan untuk Pemula

Banda Aceh – Fakultas Hukum Unsyiah bekerja sama dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyelenggarakan simulasi pemilihan bagi pemilih pemula di fakultas tersebut pada Selasa, 6 Desember 2016.

Terdapat tiga pembicara dalam kegiatan tersebut, yaitu dosen Fakultas Hukum Unsyiah, Zainal Abidin dan Ria Fitri, serta Komisioner KIP Aceh, Hendra Fauzi.

Komisioner Bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilihan dan Pengembangan SDM KIP Aceh, Hendra Fauzi dalam kegiatan tersebut menjelaskan mengenai pemilukada dan pemilih pemula. Ia juga mengajak mahasiswa melakukan uji petik untuk mengetahui apakah mahasiswa sudah terdaftar sebagai pemililh atau belum.

Ia juga mengapreasiasi kegiatan sosialisasi bagi pemilih pemula. Hal itu dirasa penting untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula terkait mekanisme pemilihan dan Pilkada. “Kita akan terus mensosialisasikan pemilihan ke setiap elemen pemlih setiap minggunya,” ujar Hendra.

Salah satu pembicara dari dosen Unsyiah dalam kegiatan itu, Ria Fitri mengatakan, mahasiswa yang menjadi pemilih pemula harus paham mekanisme pemilihan dan sistem pencoblosan. “Saya berharap, pemilih di Aceh khususnya, menjadi pemilih yang cerdas, yang bertanggung jawab dari pilihannya, yang memahami arti dari hak pilih yang digunakan.”

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Unsyiah, Ade Mulya menyebutkan, sekitar 200 mahasiswa dari Unsyiah dan universitas lainnya yang ikut kegiatan tersebut. Ia juga berpesan agar masyarakat yang bisa memilih untuk menghindari golput, karena satu suara dapat menentukan pemimpin kita kedepan.

Kegiatan sosialisasi bagi pemilih pemula merupakan rangkaian Milad Fakultas Hukum Unsyiah ke 55. [Hadi | MC KIP Aceh]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

IMG_20170406_082750

Inilah para Juara Lomba Jurnalistik Pilkada Aceh 2017

Banda Aceh – KIP Aceh mengumumkan para peraih juara pada malam Anugerah Jurnalistik Pilkada Aceh, …