Monday , June 25 2018
Home / Nasional / Lawan Isu SARA dengan Cara Elegan
Foto: KPU RI

Lawan Isu SARA dengan Cara Elegan

Jakarta | KPU – Isu Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA) telah menjadi momok dalam setiap penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Meski demikian masyarakat dapat mencegah atau melawan isu SARA dengan tidak mudah terhasut oleh isu perpecahan, bersikap kritis dan mulai mencounter informasi baik kepada sesamanya.

“Bagaimana mengatasinya, dengan mencounter baik, terhormat. Jangan kita malah ikut menyebarkan ujaran kebencian atau mungkin tidak usah dilihat dibaca, kalau saya pribadi berharap ini tidak semakin besar,” ucap Komisioner KPU Evi Novida Ginting saat menerima audiensi Lingkar Perempuan Nusantara di Ruang Sidang Utama KPU Rabu 23 Mei 2018.

Evi juga mengajak masyarakat untuk tidak acuh dengan kondisi disekitarnya. Isu SARA menurut dia jadi meluas dikarenakan ketidakpedulian masyarakat mencegah atau melawan dengan informasi yang baik. “Ibu bisa menyebarkan, mencounter isu SARA bahwa perbedaan itu indah, kita lahir berbeda, ini ciptaan Tuhan dan rasa saling menghargai satu sama lain,” ujar Evi.

Evi juga menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai serta penghormatan terhadap perbedaan sedari dini, sejak dirumah kepada semua anggota keluarga. “Ini sudah mulai kita kembangkan bersama dari ibu dirumah, selama ini kan benteng dirumah orang tua memberikan kekuatan, ini bisa dikembangkan,” lanjut Evi.

Pilkada 2018 di Aceh digelar pada tiga kabupaten/kota yaitu: Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Selatan dan Kota Subulussalam. [KIP Aceh|KPU]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

KPU RI Gelar Bimtek Pencalonan Pemilu 2019

Tangerang | KPU RI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencalonan Anggota DPR, …