Sunday , June 25 2017
Home / KIP Aceh / KIP Aceh Verifikasi Administrasi Dukungan Calon Perseorangan
Pak Junaidi

KIP Aceh Verifikasi Administrasi Dukungan Calon Perseorangan

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh melakukan verifikasi administrasi kelengkapan berkas dukungan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan. Verifikasi administrasi ini dilakukan untuk mengecek jumlah dan dokumen dukungan.

Ketua Kelompok Kerja Hukum dan Pengawasan KIP Aceh, Junaidi, mengatakan, dalam verifikasi administasi, yang disortir ialah kegandaan identitas, yaitu kesamaan nama, NIK, alamat, dan tanggal lahir di KTP.

“Jika dalam satu gampong ada lima KTP yang sama, empat kita coret, tinggal satu KTP yang sah (untuk dukungan),” ujarnya di Banda Aceh, Kamis (4/8/2016).

Menurut Junaidi, KIP Aceh akan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk melihat itu.

Selain ganda KTP, ada juga ganda dukungan. Junaidi mencontohkan, KTP seorang pemilih masuk pada paslon X dan masuk juga dalam paslon Y. Jika mendapati hal tersebut, KIP Aceh akan menyampaikan kepada PPS untuk kemudian diverifikasi dukungan pemilih tersebut diberikan kepada satu paslon saja.

Setelah itu, jika setelah verifikasi administrasi dilakukan akumulasi dukungan kepada pasangan calon tidak lebih dari jumlah dukungan minimal, pasangan calon tersebut harus melakukan perbaikan dengan melampirkan salinan KTP baru, dengan menambah dua kali lipat kebutuhan.

“Misalnya kekurangannya 10 ribu (KTP), mereka harus memasukkan 20 ribu. Jika mereka (pasangan calon) tidak dapat memasukkan dua kali dari kebutuhan, mereka akan dianggap gugur dengan sendirinya,” kata Junaidi. [Hadi | MC KIP Aceh]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

IMG_20170406_082750

Inilah para Juara Lomba Jurnalistik Pilkada Aceh 2017

Banda Aceh – KIP Aceh mengumumkan para peraih juara pada malam Anugerah Jurnalistik Pilkada Aceh, …