Tuesday , June 27 2017
Home / KIP Aceh / KIP Aceh Launching Pilkada 2017
Launching Pilkada Aceh 2017 serentak di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Selasa 2 Agustus 2016. Foto: AW
Launching Pilkada Aceh 2017 serentak di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Selasa 2 Agustus 2016. Foto: AW

KIP Aceh Launching Pilkada 2017

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh meluncurkan Pilkada Aceh serentak di Gedung AAC Dayan Dawood, Selasa 2 Agustus 2016. Peluncuran tersebut ditandai dengan pemukulan beduk oleh Ketua KIP Aceh, Gubernur Aceh, Wakil Ketua DPRA, Kapolda Aceh, dan Komisioner KPU Pusat. Selain itu juga hadir para pejabat terkait lainnya serta mahasiswa dan siswa.

 Dalam sambutannya, Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengatakan Pilkada Aceh 2017 digelar serentak untuk provinsi dan 20 kabupaten/kota. “Bersama 101 kota dan provinsi lain di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Ridwan, Pilkada serentak di Aceh telah dilaksanakan dua kali sebelumnya, yaitu pada 2006 dan 2012. Banyak catatan penting yang dapat dijadikan pelajaran. Pilkada sebelumnya terbukti telah dapat mewarnai hukum kepemiluan di Indonesia.

Catatan penting 2006, adanya ruang bagi calon independen, menjadi yang pertama di Indonesia. Hal ini sesuai dengan Undang Undang Pemerintah Aceh yang diimplementasi oleh KIP Aceh. Selanjutnya pada 2012, Aceh mewarnai Pilkada dengan adanya partai politik lokal yang dapat mencalonkan wakilnya sebagai kepala daerah. “Nuansa baru sebelumnya, menjadi catatan penting yang tak boleh dilupakan.”

Pihaknya mengimbau jajaran penyelenggara Pilkada pada seluruh level, agar benar-benar menjaga amanat suara rakyat. Sehingga Pilkada Aceh nantinya berlangsung aman, nyaman dan berkualitas. Masyarakat juga diimbau menjaga pesta demokrasi. “Semangat Aceh sesungguhnya adalah cinta akan perdamaian.”

Pada kesepatan tersebut, KIP Aceh juga mengenalkan logo dan jingle Pilkada Aceh 2017. Logo bergambar dasar ‘Tambo’ mempunyai makna sebagai sarana komunikasi masyarakat Aceh sejak dulu kala. “Tambo selalu ditabuh saat mengumpulkan warga untuk beribadah di masjid/meunasah, maupun untuk mengumpulkan warga,” kata Ridwan.

Sementara itu Gubenur Aceh Zaini Abdullah menghimbau semua pihak untuk tetap menjaga kehidupan demokrasi, dan memelihara stabilitas politik di Aceh. “Mari dukung suksesnya Pilkada, sekaligus tetap menjaga damai di Aceh,” ujarnya.

Beliau juga meminta penyelenggara Pilkada di Aceh untuk bekerja secara profesional, non partisan, dan menjaga independensi personil dan lembaga, serta selalu berkomunikasi yang baik dengan semua pihak dalam rangka menyukseskan tahapan Pilkada di Aceh. [AW | MC KIP Aceh]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

IMG_20170406_082750

Inilah para Juara Lomba Jurnalistik Pilkada Aceh 2017

Banda Aceh – KIP Aceh mengumumkan para peraih juara pada malam Anugerah Jurnalistik Pilkada Aceh, …