Friday , May 25 2018
Home / KIP Aceh / KIP Aceh Gelar Rapim, Persiapan Pemilu 2019
Foto: Yudi

KIP Aceh Gelar Rapim, Persiapan Pemilu 2019

Banda Aceh | KIP Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama KIP Kabupaten/Kota seluruh Aceh menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) menjelang Pemilu 2019 mendatang. Rapim digelar di Hotel Mekkah, Banda Aceh, Senin 14 Mei 2018.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengatakan KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota selama lima tahun telah melaksanakan tugas dengan baik dalam penyenggaraan Pemilu 2014 dan Pilkada 2017 lalu. “Aceh telah mampu menuju proses demokrasi yang lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

Menurutnya, KPU RI juga melirik Aceh dengan menggelar dua kali even nasional di Aceh yaitu FGD antar provinsi khusus dan bimbingan teknis terpadi saat Pilkada 2017 lalu. PascaPilkada 2017 lalu, Aceh juga banyak dikunjungi oleh beberapa provinsi lain di Indonesia seperti Papua Barat dan Sulawesi Barat. “Mereka melakukan study banding terkait persoalan Pilkada,” jelas Ridwan.

Dia berharap dalam Pemilu 2019 mendatang, KIP Aceh dapat terus melakukan koordinasi dengan stakeholder dan menjalankan prinsip-prinsip penyelengaraan Pemilu. Penilaiannya, Pemilu di Aceh selama ini telah sukses dari sisi procedural, tapi secara substansial masih perlu ditingkatkan. “Perlu meningkatkan kepercayaan publik, memberikan pendidikan pemilih supaya masyarakat paham. Sehingga sukses tak hanya prosedural, tapi juga substansial.”

Sekretaris KIP Aceh, Darmansyah mengatakan di lingkungan sekretariat, laporan terakhir yang diterimanya saat ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sedang melalukan evaluasi akhir terkait keuangan. “Aceh secara keselurahan tak ada masalah.  Mudah-mudahan dapat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun ini.”

Rapat Pimpinan KIP se-Aceh diharapkan dapat menghasilkan sebuah rekomendasi bersama terkait kelancaran pelaksaaan Pemilu 2019 mendatang. Para komisioner KIP Kabupaten/Kota diminta untuk menyampaikan masalah yang selama ini mereka hadapi dan kemudian dibahas bersama.  [AW]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

12 Bakal Calon Anggota DPD Belum Penuhi Syarat Dukungan

Banda Aceh | KIP Aceh – Sebanyak 12 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) …