Tuesday , December 19 2017
Home / KIP Aceh / KIP Aceh Gelar Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih
IMG_20160822_231854

KIP Aceh Gelar Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Daftar Pemilih Pilkada Aceh 2017, di Hotel Permata Hati, Banda Aceh. Dalam Bimtek tersebut, peserta diajarkan memasukkan data kedalam aplikasi Sistem Informasi dan Data Pemilih (Sidalih).

Dalam kegiatan yang digelar pada 21-22 Agustus 2016 itu, setiap KIP di kabupaten/kota mengirimkan dua delegasi, satu komisioner dan satu operator. Bimtek tersebut bertujuan untuk melatih operator KIP di setiap kabupaten/kota agar semua data pemilih terkoneksi dengan baik di website Sidalih.

“Nanti di Sidalih, data pemilih kita bisa lihat secara online. Tinggal masukan NIK dengan nama, akan ketahuan kita memilih di TPS mana, gampong apa, kecamatan apa,” kata Ketua Kelompok Kerja Perekrutan Badan Ad Hoc PPK dan PPS KIP Aceh, Fauziah, Senin, 22 Agustus 2016.

Ia menjelaskan, data-data pemilih yang telah dimutakhirkan akan dikumpulkan mulai dari PPS ke PPK, kemudian ke KIP kabupaten/kota dan akan direkap di KIP provinsi menjadi daftar pemilih sementara. Setelah itu, baru ditetapkan daftar pemilih tetap.

“Proses pemutakhiran itu door to door. Nanti akan ditempelkan stiker di setiap rumah yang sudah didatangi petugas. Di stiker itu ada daftar nama pemilih,” ujar Fauziah.

Ia berharap, petugas penyelenggara pemilu yang turun ke lapangan nanti dimudahkankan urusan oleh masyarakat dalam menjalankan tugasnya. Misalnya, pada satu keluarga ada anggota keluarganya yang tidak bisa lagi memilih di tempat tersebut karena sudah pindah rumah atau menjadi anggota TNI/Polri, bisa diberitahukan kepada petugas untuk dicoret namanya. [Hadi | MC KIP Aceh]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

8B36A1F1-0EE9-444C-A848-C76DAAFFA53F

KIP Aceh Gelar Diseminasi Laporan Riset Hasil Kepemiluan Tahun 2017

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Kamis 14 Desember 2017 menggelar Diseminasi (Penyebarluasan Informasi) . Laporan …