Monday , December 18 2017
Home / KIP Aceh / DKPP Gelar Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Etik
sidah-dkpp_abdya-kedua

DKPP Gelar Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Etik

Banda Aceh – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) kembali menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) pada Selasa, 20 September 2016 di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh.

Sidang kedua tersebut berlangsung dengan dipimpin oleh Ketua Majelis Pemeriksaan, Endang Wihdatiningtyas. Sedangkan anggota majelis yaitu Muklir, Zainal Abidin, dan Ria Fitri. Sementara teradu anggota KIP Abdya ialah Muhammad Jakfar.

Pemeriksaan berlangsung pukul 14.00 WIB, KIP Aceh sebagai pengadu menilai teradu Muhammad Jakfar telah melanggar kode etik. Pasalnya menurut pengadu, teradu terlibat dalam kepengurusan salah satu partai lokal di Kabupaten Aceh Barat Daya periode 2011-2015.

Pimpinan sidang beberapa kali menanyakan status teradu dalam badan Partai Aceh. Teradu Muhammad Jakfar tidak menampik ada nama Muhammad Jakfar dalam daftar Tuha Lapan Partai Aceh, namun ia mengaku Muhammad Jakfar yang ada dalam daftar Tuha Lapan tersebut bukan dirinya.

Ia juga tidak menampik saat dikatakan menjadi sekretaris tim pemenangan untuk Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, namun ia mengaku sudah tidak menjadi bagian dari tim itu lagi saat ini. Sidang kedua ini berlangsung tertib hingga selesai.

Dalam sidang tersebut, hadir dari pihak KIP Aceh yaitu Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi, Komisioner Junaidi, Fauziah, Muhammad, dan Robby Syah Putra. Setelah melakukan pemeriksaan terhadap dugaan pelanggaran etik tersebut, sidang selanjutnya ditunda. Nantinya DKPP akan memutuskan hasil dari pemeriksaan tersebut.

Sebelumnya, sidang etik DKPP terkait dugaan pelanggaran tersebut dilakukan pertama kali pada 9 Agustus 2016. [Hadi | MC KIP Aceh]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

8B36A1F1-0EE9-444C-A848-C76DAAFFA53F

KIP Aceh Gelar Diseminasi Laporan Riset Hasil Kepemiluan Tahun 2017

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Kamis 14 Desember 2017 menggelar Diseminasi (Penyebarluasan Informasi) . Laporan …