Tuesday , June 27 2017
Home / KIP Aceh / 9 Plt Kepala Daerah Dilantik
pict_20161026_110134

9 Plt Kepala Daerah Dilantik

BANDA ACEH — Gubernur Zaini Abdullah atas nama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melantik sembilan pelaksana tugas bupati dan walikota di Aceh, Rabu (26/10/2016) di Anjong Mon Mata Kompleks Meuligoe.

Mereka yang dilantik pada Rabu pagi itu adalah Kepala Dinas Perhubungan Aceh Hasanuddin Ishak sebagai Plt Walikota Banda Aceh; Kepala Biro Umum Setda Aceh Teuku Asnal Zahri (Plt Walikota Sabang), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Kamaruddin Andalah (Plt Walikota Langsa), Kepala Biro Kesra Setda Aceh Munawar (Plt Bupati Pidie), Kepala Dinas Pendidikan Aceh Hasanuddin Darjo (Plt Bupati Bener Meriah), Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri (Plt Bupati Aceh Tengah), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Aceh Amhar Abubakar (Plt Bupati Aceh Timur), Kepala Biro Pemerintahan Setda Aceh M. Ali Alfata (Plt Bupati Aceh Tamiang), dan terakhir Kepala Satpol PP dan WH Aceh Asmauddin sebagai Plt Bupati Aceh Singkil).

Kesembilan pejabat itu ditunjuk sebagai pelaksana tugas karena bupati dan walikota –serta wakilnya– mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah 2017. Sesuai UU pemilihan kepala daerah, calon petahana diwajibkan mengambil masa cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye, yaitu mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Januari 2017.

Zaini menyebutkan, para pelaksana tugas bertugas memastikan berjalannya roda pemerintahan, memelihara keamanan, memfasilitasi berlangsungnya pilkada serentak, menjaga netralitas PNS selama pilkada, mengesahkan anggaran, dan rotasi pejabat atas seizin Kementerian Dalam Negeri.

“Kepada pejabat yang baru diresmikan sebagai Plt agar melaksanakan tugas dengan baik dan bertanggungjawab,” ujar Zaini.

Ia juga meminta agar para pelaksana tugas membangun koordinasi yang baik dengan unsur Forkopimda untuk menjaga stabilitas keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat.

“Fasilitasi kelancaran dukungan terhadap tahapan pilkada, jaga netralitas PNS, dan percepatan pembahasan dan pengesahan APBK 2017,” pesan Zaini Abdullah.

Gubernur Zaini Abdullah dan Wagub Muzakir Manaf akan maju dalam pilkada 2017. Kementerian Dalam Negeri menunjuk Mayjen (Purn) Sudarmo, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum di Kementerian Dalam Negeri. Ia akan dilantik pada Kamis, 27 Oktober, di Jakarta bersama Plt Gubernur Gorontalo dan Bangka Belitung. Seperti calon bupati/walikota petahana, Zaini dan Muzakir juga diwajibkan mengambil cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye. [FG | MC KIP Aceh]

About Media Center

"Melayani Rakyat menggunakan Hak Pilihnya".

Check Also

IMG_20170406_082750

Inilah para Juara Lomba Jurnalistik Pilkada Aceh 2017

Banda Aceh – KIP Aceh mengumumkan para peraih juara pada malam Anugerah Jurnalistik Pilkada Aceh, …